Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Tidak Konsumsi Suplemen Zat Besi Saat Hamil

Seorang wanita hamil memiliki banyak resiko yang bisa saja terjadi pada dirinya. Untuk itu sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen zat besi agar dapat meminimalisir hal tersebut. Namun, terkadang ada beberapa orang yang tidak memperdulikan hal tersebut.

Risiko Tidak Mengkonsumsi Suplemen Zat Besi Saat Hamil

Ada banyak bahaya yang bisa mengancam keselamatan dan kesehatan wanita hamil. Bahkan hal tersebut dapat menimpa ibu atau bayi yang dikandung. Agar dapat meminimalisir resiko berbahaya ini, maka sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen zat besi selama masa kehamilan hingga trimester ketiga. Lantas apa saja risiko tersebut?

1. Ibu dapat Terkena Anemia

Risiko tertinggi yang dapat terjadi pada ibu hamil yang tidak mengkonsumsi suplemen zat besi adalah meningkatnya resiko anemia. Anemia sebenarnya bukanlah penyakit, namun kondisi menurunnya tekanan darah seseorang. Ini bisa mengakibatkan rasa lemas dan sering mengantuk.

Ibu hamil sangat berisiko terkena anemia, padahal pada masa ini seseorang harus mendapatkan sirkulasi darah yang cukup dalam tubuhnya. Maka dari itu, sangat diperlukan konsumsi suplemen ini. Supaya badan Anda menjadi lebih sehat dan segar.

2. Bayi bisa Lahir dalam Keadaan Prematur

Bahaya tidak hanya mengintai sang ibu saja, tetapi juga bayinya. Bayi dari seorang wanita yang tidak mengkonsumsi suplemen zat besi secara teratur dapat berisiko tinggi lahir secara prematur. Ini karena kurangnya aliran dan sirkulasi darah yang didapatkan.

Padahal seorang ibu hamil sangat memerlukan sirkulasi darah yang cukup. Supaya tidak terjadi hal demikian ketika proses bersalin. Tapi Anda tidak perlu khawatir, tidak semua orang mengalami hal tersebut, Hanya saja untuk mengantisipasinya, sangat perlu untuk melakukannya juga.

3. Berat Bayi Rendah Ketika Lahir

Umumnya bayi lahir dengan berat minimal 2 kg. Namun, rata-rata wanita yang selama masa kehamilannya tidak mengkonsumsi suplemen zat besi secara teratur akan melahirkan bayi dengan berat yang cukup kecil. Perlu diketahui, bahwa dalam suplemen itu juga terdapat banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seorang wanita pada masa kehamilannya.

Seorang wanita hamil biasanya tidak memiliki nafsu makan. Ini karena efek dari rasa mual yang timbul pada awal masa kehamilan. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi suplemen ini maka akan dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janinnya juga.

4. Pertumbuhan Janinnya Lambat

Saat janin dalam kandungan mengalami keterlambatan dalam pertumbuhannya, maka salah satu penyebabnya adalah kurangnya konsumsi suplemen zat besi. Namun, ada beberapa hal lain yang bisa saja ikut mempengaruhinya. Hanya saja, biasanya inilah yang menjadi faktor penyebab utamanya.

Suplemen Zat Besi

Janin akan bisa tumbuh dengan normal dan cepat saat ibunya mendapatkan nutrisi yang cukup. Nutrisi ini diperoleh dari makanan-makanan sehat yang Anda konsumsi. Tetapi, karena kadang ibu hamil juga tidak berselera untuk makan, maka suplemen juga bisa memenuhi kebutuhan itu.

5. Bayi bisa Saja Mati Saat dalam Kandungan atau Setelah Dilahirkan

Akibat selanjutnya yang bisa saja terjadi adalah kematian bayi dalam kandungan atau setelah selesai dilahirkan. Hal fatal satu ini memang harus diberikan perhatian lebih, supaya hal demikian tidak dapat terjadi. Untuk itu, Anda harus banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi tinggi.

Dengan memberikan makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi banyak, maka seorang ibu hamil akan selalu tercukupi kebutuhannya. Ini akan dapat meminimalisir terjadinya hal-hal tak diinginkan. Salah satunya yakni matinya bayi, baik dalam kandungan atau setelah proses bersalin.

Sekian Review mengenai risiko tidak konsumsi suplemen zat besi saat hamil. Ini sangat penting untuk diketahui, supaya Anda bisa meminimalisir hal tersebut untuk terjadi. Dengan begitu, keadaan akan tetap baik-baik saja dan aman terkendali.

Posting Komentar untuk "Bahaya Tidak Konsumsi Suplemen Zat Besi Saat Hamil"